Link Banner

MANFAAT DHUWEK KERBUY (BUAH JAMBLANG)

Dhuwek Kerbuy (Jamblang) tergolong ke dalam tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Australis tropic, dan Asia. Pohon jamblang Biasa ditanam di pekarangan atau tumbuhan liar, terutama di hutan jati. Jamblang dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl.

Ciri-Ciri pohon Dhuwek Kerbuy (Jamblang). 
Pohon ini bisa mencapai tinggi 10-20 m dengan berbatang tebal, tumbuhan bengkok dan bercabang banyak. Pohon ini memiliki Daun tunggal , tebal, dengan tangkai daun sekitar 1-3,5 cm. helai daun lebar berbentuk baji, tetapi rata, pertulangan menyirip, permukaan atas mengkilap, panjang 7-16 cm, lebar -9 cm, warnanya hijau. 

Bunga majemuk bentuk malai dengan cabang yang berjatuhan, bunga duduk, tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan, kelopak bentuk lonceng berwarna hijau muda, mahkota bentuk bulat telur, benang sari banyak, berwarna putih, dan baunya yang harum. Buahnya buah buni, lonjong, panjang sekitar 2-3 cm, masih buah hijau, setelah masak warnanya merah putih. 

Berakar tunggang, bercabang – cabang, dan berwarna cokelat muda. Biasanya buah Dhuwek Kerbuy (Jamblang) yang telah masak dimakan segar. Rasanya agak asam sepat, namun kulit kayu bisa digunakan sebagai pewarna.  

Sifat dan Khasiat Buah Dhuwek Kerbuy (Jamblang) 

Daging buah rasanya asam manis, sifatnya sejuk, astrigen kuat, berbau aromatic. Berkasiat melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik). 

Kulit kayu berkasiat untuk peluruh haid. ada banyak khasiat dan cara menggunakan dari buah tersebut. agar anda punya perpustakaan "file" pribadi dan bisa dipelajari kapan saja silahkan unduh file lengkap tentang Dhuwek Kerbuy (Buah Jamblang) di bawah ini
 Download Button
Link Banner
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==