Link Banner

20 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula



Kopi tanpa gula lebih sehat? Pada artikel ini menjelaskan manfaat minum kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan tubuh kita. Walaupun pahit rasanya tapi mengandung banyak manfaat. Ini merupakan alasan yang bagus sekali bagi orang yang ingin terus minum kopi setiap hari. Kita semua tahu bahwa kafein dalam kopi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, disamping itu ada manfaatnya bagi tubuh yang luar biasa.
Dilansir dari www.caffeineinformer.com, Inilah berbagai macam manfaat minum kopi pahit yang akan membuat orang yang tidak suka kopi atau yang suka minum kopi + gula berfikir ulang untuk tidak meminumnya. Inilah beberapa alasan kenapa Anda harus minum kopi hitam setiap hari.

Manfaat Minum Kopi Hitam Murni Tanpa Gula Setiap Hari

  1. Mengatasi Rasa Nyeri
Berdasarkan Journal of Pain pada bulan Maret 2007, menyatakan bahwa 2 cangkir kopi dalam sehari mampu mengurangi rasa nyeri pada otot akibat kerja berat hingga 48%.
  1. Meningkatkan Asupan Serat
Pada secangkir kopi 20-38 gram memiliki kandungan serat sekitar 1,8 gram.
  1. Perlindungan terhadap sirosis hati
Penelitian menunjukan bahwa kopi dapat menurunkan tingkat enzim hati sehingga kita terlindung dari sirosis hati. Tentu saja dengan tidak minum alkohol.
  1. Menurunkan risiko Diabetes Tipe 2
Dengan minum  6 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki tingkat risiko terkena diabetes 22% lebih rendah. Sebuah penelitian dari Harvard yang dilakukan oleh Dr. Frank Hu dengan meminum secangkir kopi tiap hari menunjukkan bahwa risiko terkena diabetes tipe II menurun sebesar 9%.
  1. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer
Dari European Journal of Neurology menyatakan bahwa sudah banyak bukti yang menunjukan bahwa kafein bermanfaat untuk mencegah terjangkit penyakit Alzheimer.
  1. Mengurangi resiko bunuh diri dan Depresi
Telah dilakukan Studi selama 10 tahun pada 86.000 perawat wanita yang memperlihatkan penurunan risiko bunuh diri pada setiap wanita yang suka minum kopi. Studi lain dari  Harvard School of Public Health menunjukan bahwa wanita yang biasa minum 4 cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menderita depresi 20%.
  1. Perlindungan terhadap Parkinson
Orang-orang yang terjangkit penyakit Parkinson cenderung bukan peminum kopi dan perokok. Penelitian terbaru  dari Swedia menunjukan  bahwa minum kopi mengurangi risiko terkena Parkinson walaupun karena faktor bawaan.
  1. Peminum kopi Risiko terkena penyakit jantung kecil
Penelitian di Korea menunjukan pada peserta penelitian yang meminum 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari cenderung menunjukkan tanda awal penyakit jantung. Faktor makanan lainnya juga harus diperhatikan karena pola makan orang berbeda dengan orang Indonesia.
  1. Peminum kopi memiliki DNA yang lebih kuat
Sebuah penelitian oleh  European Journal of Nutrition memperlihatkan  bahwa orang yang suka minum kopi memiliki DNA dengan integritas yang lebih kuat hal ini dikarenakan sel darah putih para peminum kopi memiliki tingkat kerusakan DNA lebih sedikit.
  1. Turunkan Risiko terkena Multiple Sclerosis.
Penelitian baru-baru ini menunjukkan dengan minum  4 cangkir kopi dalam sehari bisa membantu perlindungan tubuh  terhadap perkembangan dan reoccurrence dari MS. Hal ini dipercaya bahwa kopi bermanfaat dalam mencegah peradangan saraf yang dapat menyebabkan penyakit itu berkembang. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry.
  1. Kopi dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.
Dengan mengkonsumsi kopi murni (hitam) setiap hari kemungkinan terkena kanker kolorektal mengecil hingga 26%, dengan mengkonsi lebih banyak resikonyapun semakin kecil.
  1. Mengurangi Resiko Kanker Hati
Berdasarkan penelitian di Pusat Kanker Komprehensif ASC Norris orang yang minum 1-3 cangkir kopi sehari memiliki 29% penurunan risiko terkena  kanker hati.
  1. Mengurangi Resiko terkena Asam Urat
Penelitian besar yang diamati terhadap lebih dari 50.000 pria.Risiko terkena asam urat (pria) menurun seiring dengan keteraturan minum kopi setiap hari.
  1. Rutin Minum Kopi bisa Panjang Umur
Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine edisi 17 Juni 2008 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi memiliki risiko kematian lebih rendah akibat kanker, penyakit jantung, dan faktor lainnya. Namun, penelitian lain di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa peminum kopi kurang berisiko meninggal  di usia dini akibat penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker. Penelitian di  Jepang menemukan bahwa pria yang rutin minum kopi setiap hari memiliki sedikit risiko meninggal dini karena penyakit. Studi lain dari Harvard juga menegaskan orang  yang minum 1-5 cangkir kopi sehari terhindar dari penyakit yang terkait dengan kematian di usia muda.
Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang  yang minum kopi hidup lebih lama dari mereka yang tidak minum kopi.
  1. Mencegah Kerusakan Retina
Studi Universitas Cornell menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah kerusakan retina akibat stres oksidatif. Dikarenakan kandungan chlorogenic acid (CLA) pada kopi, merupakan salah satu antioksidan kuat pada biji kopi.
  1. Kopi hitam mencegah gigi berlubang
Penelitian di Brasil menyatakan bahwa kopi hitam murni dapat membunuh bakteri pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang dan ruksak. Namun, menambahkan susu atau gula pada kopi menghilangkan manfaat ini.
  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Penelitian dilakukan Departemen Urusan Longitudinal Departemen Luar Negeri  tahun 1968-1998 pada 1.152 orang. Para peneliti menemukan bahwa kopi tidak menyebabkan penyakit gusi, justru bermanfaat  untuk melindungi gigi  dan gusi.
  1. Kopi bisa melindungi dari melanoma
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menyatakan bahwa risiko melanoma menurun dengan mengkonsumsi kopi setiap hari.
  1. Mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung
Peneliti  menyatakan  orang  yang minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari setelah mengalami serangan jantung memiliki risiko kecil untuk meninggal akibat serangan jantung.
  1. Kaya akan Antioksidan
Sumber manfaat kopi bagi kesehatan berasal dari Antioksidan yang tekandung didalamnya. Kopi murni mengandung antioksidan lebih banyak daripada buah-buahan seperti anggur,jeruk, blueberry, dan raspberry.

Bagus mana kopi berkafein dengan kopi tanpa kafein?

Meskipun masih ada manfaatnya minum kopi tanpa kafein, tapi berdasarkan penelitian di atas menunjukkan bahwa kopi berkafein memiliki manfaat sangat besar. Hal ini dikarenakan, antioksidan pada kopi terjadi karena proses dekafeinasi.

Seberapa Amankah Minum Kopi Hitam?

Manfaat kopi pahit untuk diet: Tahukah Anda, kopi bisa menjadi bagian diet yang sehat dengan menikmati beberapa cangkir setiap harinya.
Bahaya kopi: Namun, kopi mungkin tidak ada manfaatnya bagi sebagian orang. Terutama orang yang memiliki kondisi jantung tertentu, alergi  kafein, dan wanita hamil.
Kopi tanpa gula lebih sehat: Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari minum kopi, kuncinya adalah keteraturan, biasakan 2-3 cangkir sehari dan jangan mencampurkan susu atau gula kedalam kopi karena dapat menghilangkan manfaat dari kopi.
Hindari efek samping kopi dengan tidak berlebihan karena kafein bisa berdampak negatif. Sudahkah anda minum kopi hari ini?(manfaat.co)
Link Banner
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==