Link Banner

Inilah Plus Minus Olahraga di Malam Hari

Olahraga merupakan sebuah kebutuhan bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai jenis olahraga bisa kita lakukan sesuai dengan keinginan kita, dari yang berbayar sampai yang gratis, dari jenis yang berat sampai yang ringan.

di zaman ini, olahraga tidak hanya sekadar bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi bagi sebaian orang juga menjadi gaya hidup.

Ada yang menggunakan waktu pagi untuk olahraga, adapula yang melakukannya pada sore hari, bahkan ada yang melakukannya pada malam hari.

Bagi mereka yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya pada siang hari, mereka melakukan olahraga pada malam hari. Lalu, apakah olahraga di malam hari baik untuk kesehatan?. Berikut penjelasannya yang kami ambil dari klikdokter.com 

Kelebihan melakukan olahraga di malam hari:

1. Menghilangkan kepenatan.
Setelah seharian bekerja, Anda pasti ingin menghilangkan rasa penat atau stres. Anda dapat mencurahkannya dengan berolahraga seperti berlari, angkat beban, bersepeda atau jenis olahraga lain yang Anda suka.

2. Mendapatkan performa terbaik.
Jumlah kalori yang dibakar saat pagi hari bisa sama dengan malam hari. Hal tersebut bergantung pada kebiasan Anda mengalokasikan energi tubuh dalam sehari. Jika merasa mempunyai banyak energi saat malam hari, Anda tentu akan lebih maksimal berolahraga di malam hari, begitu pula sebaliknya.

3. Tidak diburu oleh waktu.
Anda tidak akan dikejar-kejar oleh aktivitas lain saat berolahraga di malam hari. Jadi, Anda punya waktu untuk lebih fokus pada olahraga.

4. Menghindari kebiasaan tidak sehat.
Tentu, Anda lebih baik berolahraga di malam hari daripada hanya berdiam diri menonton televisi sambil mengonsumsi camilan.

5. Metabolisme tubuh lebih siap.
Setelah melakukan banyak aktivitas seharian, tubuh secara tidak langsung sudah “dipanaskan”, sehingga tubuh sudah lebih lentur saat berolahraga di malam hari. 

Kekurangan olahraga di malam hari:

1. Menunda olahraga karena kepentingan lain.
Ada kalanya Anda punya acara dengan keluarga atau teman sepulang kerja. Hal ini bisa menjadi faktor penunda olahraga yang sudah Anda jadwalkan di malam hari.

2. Mengurangi jenis olahraga.
Kemungkinan Anda untuk melakukan olahraga di luar ruangan jadi berkurang. Olahraga di luar ruangan seperti berlari, bersepeda, sepak bola, tenis, berenang, golf, dan sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca, penerangan, dan lainnya.

3. Gangguan pola tidur.
Olahraga di malam hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda akan mengalami kesulitan tidur. Hal ini bisa terjadi ketika jarak waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat. Kadar hormon adrenalin dan hormon stres juga akan meningkat saat berolahraga.

4. Kesempatan bersosialisasi berkurang.
Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama teman-teman. Namun hal tersebut mungkin tertunda karena Anda harus fokus dengan program diet dan olahraga.

5. Sudah kehabisan energi.
Anda sangat mungkin kehilangan semangat untuk berolahraga di malam hari setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Hal tersebut terjadi karena energi Anda sudah terkuras habis. 

Itulah plus minus olahraga di malam hari. Kita dapat menentukannya sendiri, apakah kita akan melakukan olahraga pada malam hari atau tidak setelah mengetahuinya
Link Banner
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==