Link Banner

HATI-HATI...!!!, 5 Makhluk Mengerikan Ini Bisa Jadi Parasit di Tubuh Anda (2)


1. Cacing Pita
Cacing pita biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui daging mentah atau kurang matang yang biasanya dikonsumsi oleh banyak orang. Beberapa jenis makanan tersebut seperti sushi, sashimi dan steak.

Sesuai seperti namanya, cacing pita dapat tumbuh dalam tubuh manusia hingga berukuran 15 meter. Parasit ini biasanya bersarang dalam usus manusia dan kebanyakan ditemukan dalam daging sapi dan babi yang terkontaminasi.

Selain lewat daging mentah, kontaminasi cacing pita pada tubuh juga bisa berasal dari sayuran yang tak dicuci secara bersih. Jika larva cacing pita masuk ke dalam tubuh, telur-telur cacing akan menempel pada usus manusia.

Salah satu contoh kasus cacing pita pernah terjadi di Taiwan. Seorang bocah berusia delapan tahun sempat dilarikan ke rumah sakit. Ia mengaku mengalami gatal-galat pada bagian dalam perutnya.

Sebelumnya, pasien bersama keluarganya makan sushi di sebuah restoran di kota Taipei. Setelah pemeriksaan dilakukan, dokter menemukan cacing pita berukuran 2,6 meter di dalam perutnya.

Setelah operasi, bocah perempuan yang tak disebutkan namanya itu telah dinyatakan pulih.

Wang Zhijian, dokter anak yang memeriksanya mengatakan, telah ditemukan cacing pita jenis diphyllobothrium latumdi dalam tubuh sang bocah.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, diphyllobothrium latum adalah jenis cacing pita terbesar yang menyerang manusia, atau sering dikenal dengan sebutan cacing pita lebar.

Biasanya cacing pita ini akan berkembang di dalam tubuh ketika manusia mengkonsumsi daging babi, sapi, atau ikan mentah yang telah terkontaminasi.

Sementara itu, pihak keluarga mengaku bahwa anaknya gemar memakan sushi, terutama sashimi.

Shengyuan, dokter lain yang juga menangani bocah itu mengatakan, cacing pita itu telah bersarang di dalam tubuh sang anak selama lebih dari satu bulan.

2. Cacing Pipih
Cacing pipih adalah parasit yang menginfeksi saluran empedu dan hati. Parasit ini adalah salah satu dari sejumlah cacing pipih yang berkembang biak pada hewan siput air tawar.

Salah satu cara parasit ini masuk dan menginfeksi tubuh manusia adalah melalui konsumsi ikan air tawar yang hidup bersama siput air tersebut.

Parasit yang berbentuk pipih ini dapat menyebabkan beberapa gejala penyakit jika sudah masuk ke dalam tubuh. Salah satu penyakit yang ditimbulkan yaitu radang saluran empedu.

Sebagian besar kasus ini banyak ditemukan di beberapa negara berkembang. Meski begitu, kasus ini juga sempat melanda wilayah Hawaii, California dan Florida.


3. Cacing Tambang
Link Banner
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==