Link Banner

Kenali Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Hindari Jika Perlu (2)



<<==Baca Sebelumnya
  • Minuman manis

Anda senang mengonsumsi minuman manis seperti soda, minuman rasa buah, atau minuman dalam kemasan? Minuman dengan rasa manis ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sebab, rasa manis dari gula jenis fruktosa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak. Fruktosa juga dapat ditemukan secara alami pada buah seperti apel, pir, anggur dan kurma. Penelitian membuktikan, pria yang mengonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak berisiko lebih tinggi terkena asam urat. Hal itu juga berlaku pada wanita yang sering mengonsumsi minuman manis.

  • Produk susu

Waspadai juga beragam jenis makanan dari produk olahan susu, seperti es krim, susu, keju, atau yogurt. Penelitian menunjukkan, makanan dari produk susu tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat. Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pilihlah produk-produk olahan susu dari jenis yang rendah lemak. Lebih baik lagi jika Anda memilih yang benar-benar bebas lemak.

  • Sayuran hijau

Tidak perlu kaget ketika disarankan untuk menghindari konsumsi sayuran hijau. Sebab beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kacang polong, dan asparagus mengandung purin yang tinggi. Sayuran lainnya yang juga tinggi purin yaitu kembang kol dan jamur. Meski demikian, sayuran ini tidak menambah kadar asam urat dalam darah separah jika Anda mengonsumsi daging merah. Jadi, sesekali Anda masih bisa mengonsumsi sayuran ini dalam porsi terbatas.


Sebaiknya Anda mengenali jenis-jenis makanan penyebab asam urat tinggi, karena banyak ditemukan di sekitar kita. Lalu untuk penderita penyakit asam urat, batasi dan bahkan hindarilah makanan tersebut. Jika keluhan akibat tingkat asam urat tinggi masih mengganggu, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. (alodokter.com)

Link Banner
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==